Namanya mobil memang tak hanya sekedar harus rutin dibawa kebengkel saja untuk memastikan kalau mobil tersebut aman dan juga nyaman dikendarai. Akan tetapi moil juga pastinya harus benar-benar di rawat dengan cara dibersihkan. Kalau mobil jarang dibersihkan, selain terlihat kotor, tentunya akan mempengaruhi juga kinerja dan performa dari mobil tersebut, dan juga membuat berkendaraan pun menjadi kurang nyaman. Namun salah satu area pada mobil yang memang sangat jarang sekali untuk dibersihkan oleh para pemiliknya adalah pada bagian ruuang mesin. Padahal sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan dari komponen pada ruangan mesin tersebut , agar performa mesin pun menjadi lebih prima lagi.

Mencuci Mobil

Akan tetapi untuk membersihkan area pada ruang mesin pun memang tidak bisa sembarangan. Apalagi kalau kita memang belum paham dan mengerti mengenai kondisi mesin tersebut. Karena jika sembarangan dalam membersihkan atau mencuci ruangan pada mesin mobil, ditakutkan akan membuat mesin justru menjadi korsleting atau bisa membuat komponen elekterikal pada mesin mobil tersebut menjadi rusak. Lalu bagaimanakah Cara mencuci mesin mobil yang aman dan benar. Salah satu solusinya bisa menggunakan yang namanya degreaser, supaya nantinya bisa menghindari terjadinya korsleting ataupun kerusakaan yang bisa terjadi pada komponen elektrikal.

Selain itu juga, salah satu hal yang perlu di perhatikan ketika akan mencuci atau membersihkan mesin mobil adalah dengan terlebih dahulu mencari tahu letak dari komponen elektrikal. Mulai dari dimana posisi ECU, sekring, atau berbagai macam komponen lain yang memang berhubungan dengan elektrikal. Agar nantinya tidak terkenal air, sebaiknya tutupi terlebih dahulu dengan menggunakan plastik. Karena jika bagian elektrikal tersebut sampai terkena air, di takutkan akan terjadinya korstleting. Barulah setelah semuanya komponen elekterikal dinyatakan aman, anda bisa menyiapkan yang namanya water spray.  Langsung saja semprotkan menggunakan air biasa bagian ruangan mesin yang akan dibersihkan tersebut. Namun ingat jangan sampai membasahi bagian komponen yang sebelumnya sudah di bungkus dengan menggunakan plastik

Jika bagian ruang mesin sudah di semprotkan dengan air, barulah kemudian langsung di semprotkan kembali dengan menggunakan degreaser, dan anda bisa sambil menyikatnya dengan menggunakan sikat gigi ataupun engine brush. Agar kotoran bisa terangkat dan mesin menjadi lebih bersih lagi. Setelah itu semprot kembali dengan menggunakan air, dan kembali di degreaser hingga bersih, barulah setelah itu anda menggunakan kompresor angin, supaya air sisa dari pencucian bisa bersih dan juga lebih kering. Barulah anda bisa memblownya dan diamkan sekitar 2 hingga 3 jam lamanya. Ingin mendapatkan artikel otomotif lainnya, anda bisa langsung kunjungi saja situsnya  hanya di modifmobi.com saja. Ada banyak sekali artikel menarik lainnya yang bisa anda baca.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *